Adat-Istiadat dan Hukum Adat

by wirawan on December 21, 2008

Dalam ilmu hukum ada perbedaan antara adat-istiadat dan hukum adat.  Suatu adat-istiadat yang hidup (menjadi tradisi) dalam masyarakat dapat berubah dan diakui sebagai peraturan hukum (Hukum Adat). Tentang bagaimana perubahan itu sehingga menimbulkan hukum Adat, dapat dikemukakan beberapa pendapat sarjana, antara lain:

Van Vollehoven: dikatakan olehnya bahwa suatu peraturan adat, tindakan-tindakan (tingkah laku) yang oleh masyarakat hukum adat dianggap patut dan mengikat para penduduk serta ada perasaan umum yang menyatakan bahwa peraturan-peraturan itu harus dipertahankan oleh para Kepala Adat dan petugas hukum lainnya, maka peraturan-peraturan adat itu bersifat hukum.

Ter Haar: dikatakan olehnya bahwa hukum Adat yang berlaku hanya dapat diketahui dari penetapan-penetapan petugas hukum seperti Kepala Adat, hakim, rapat adat, perangkat desa dan lain sebagainya yang dinyatakan di dalam atau di luar persengketaan. Saat penetapan itu adalah existential moment (saat lahirnya) hukum adat itu. (dibaca tentang: teori beslissingenleer yang dikemukakan oleh Ter Haar)

Prof. Soepomo: mengatakan bahwa suatu peraturan mengenai tingkah-laku manusia (“rule of behaviour”) pada suatu waktu mendapat sifat hukum, pada ketika petugas hukum yang bersangkutan mempertahankannya terhadap orang yang melanggar peraturan itu atau pada ketika petugas hukum bertindak untuk mencegah pelanggaran peraturan-peraturan itu.

Selanjutnya dikatakan oleh Prof. Soepomo bahwa tiap peraturan adat adalah timbul, berkembang dan selanjutnya lenyap dengan lahirnya peraturan baru. Demikian pula dengan peraturan baru ini yang juga akan berkembang dan selanjutnya lenyap karena tergantikan oleh peraturan baru yang sesuai dengan perubahan perasaan keadilan yang hidup dalam hati nurani masyarakat hukum adat pendukungnya. Begitu seterusnya, keadaan ini digambarkan sebagaimana halnya jalannya ombak dipesisir samudra.

Be Sociable, Share!

{ 4 comments… read them below or add one }

joshhhhhhhh May 24, 2009 at 12:06 pm

apasih yang dimaksud dengan haakeket hukum adat

Reply

adam November 4, 2010 at 2:54 pm

tpii mengapa adat selalu kdang” gk bner,,,

Reply

PUJI RAHMIATI January 9, 2011 at 5:52 am

kurang jelas apa maksud dari adat istiadat seharus nya harus lebih detail

Reply

suha pelu March 28, 2011 at 10:49 am

perbedaan adat dan hukum adat terletak pada apa?
a. isinya
b. sumbernya
c. sanksinya
d. daerah berlakunya.

tolong dijawab yaa. makasih :)

Reply

Leave a Comment

Previous post:

Next post: